Daftar mata kuliah ti
Berikut adalah beberapa **mata kuliah umum** yang biasanya ada di **jurusan Teknik Informatika**, baik di tingkat awal hingga lanjut. Mata kuliah bisa bervariasi tergantung universitas dan kurikulumnya, tetapi secara umum, ini adalah daftar yang sering muncul:
### **Semester 1: Dasar-dasar Informatika**
1. **Matematika Diskrit** – Belajar tentang logika matematika, himpunan, relasi, dan struktur diskrit lainnya.
2. **Pengantar Teknologi Informasi** – Memahami dasar-dasar teknologi informasi, sejarah, dan perkembangannya.
3. **Pemrograman Dasar** – Belajar bahasa pemrograman dasar seperti Python, C, atau Java untuk pengenalan logika pemrograman.
4. **Algoritma dan Struktur Data I** – Dasar-dasar penyusunan algoritma dan pengorganisasian data dalam program.
5. **Logika Informatika** – Pengantar pada logika yang digunakan dalam komputasi dan informatika.
6. **Bahasa Inggris Teknik** – Fokus pada kemampuan bahasa Inggris yang relevan dengan istilah dan konteks teknis.
### **Semester 2: Pengembangan Pemrograman**
1. **Algoritma dan Struktur Data II** – Lanjutan dari struktur data dan algoritma yang lebih kompleks.
2. **Sistem Operasi** – Mempelajari arsitektur dan cara kerja sistem operasi komputer.
3. **Pemrograman Berorientasi Objek** – Fokus pada konsep pemrograman berbasis objek seperti Java, C++, atau Python.
4. **Matematika Komputasi** – Pengantar matematika yang digunakan dalam komputasi seperti numerik, statistik, dan kalkulus.
5. **Organisasi dan Arsitektur Komputer** – Memahami cara kerja hardware komputer dari tingkat yang lebih rendah.
6. **Pengantar Basis Data** – Dasar-dasar pengelolaan data dan struktur basis data seperti SQL.
### **Semester 3: Pengembangan Sistem**
1. **Jaringan Komputer** – Memahami dasar-dasar jaringan, topologi, protokol jaringan, dan konfigurasi dasar.
2. **Teori Bahasa dan Automata** – Teori tentang mesin automata, bahasa formal, dan aplikasinya dalam komputasi.
3. **Sistem Digital** – Mempelajari cara kerja sistem digital dan penerapan dalam komputerisasi.
4. **Interaksi Manusia dan Komputer** – Fokus pada desain sistem dan antarmuka pengguna.
5. **Statistika dan Probabilitas** – Mengaplikasikan statistika dalam pemecahan masalah teknis di informatika.
### **Semester 4: Pengembangan Keahlian Spesifik**
1. **Rekayasa Perangkat Lunak I** – Pengantar pengembangan perangkat lunak skala besar, mulai dari perencanaan hingga pemeliharaan.
2. **Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)** – Belajar tentang konsep AI, machine learning, dan neural networks.
3. **Sistem Basis Data Lanjutan** – Pengembangan lebih lanjut dalam manajemen dan penggunaan basis data.
4. **Sistem Keamanan Informasi** – Pengantar tentang konsep keamanan data dan jaringan.
5. **Pemrograman Web** – Belajar tentang pengembangan situs web menggunakan teknologi web modern seperti HTML, CSS, JavaScript.
### **Semester 5: Implementasi dan Teknologi Modern**
1. **Rekayasa Perangkat Lunak II** – Lanjutan pengembangan perangkat lunak, termasuk pengujian dan deployment.
2. **Pemrograman Mobile** – Fokus pada pengembangan aplikasi mobile (iOS, Android).
3. **Jaringan Komputer Lanjutan** – Pengembangan jaringan yang lebih kompleks, termasuk topologi besar dan keamanan jaringan.
4. **Kriptografi** – Mempelajari teknik enkripsi dan keamanan data.
5. **Cloud Computing** – Memahami teknologi komputasi awan dan aplikasinya dalam bisnis dan teknologi.
### **Semester 6: Teknologi dan Inovasi**
1. **Big Data** – Belajar tentang pengelolaan dan analisis data dalam skala besar.
2. **Pemrograman Game** – Dasar-dasar pengembangan game dan penggunaan mesin game seperti Unity atau Unreal Engine.
3. **Data Mining** – Teknik untuk mengekstrak informasi dan pola dari data besar.
4. **Sistem Terdistribusi** – Mempelajari arsitektur dan manajemen sistem yang terdistribusi secara global.
5. **Manajemen Proyek Teknologi Informasi** – Mengelola proyek teknologi skala besar dan sistematika pengerjaan.
### **Semester 7 dan 8: Tugas Akhir dan Magang**
1. **Magang** – Mahasiswa diwajibkan magang di perusahaan untuk mendapatkan pengalaman langsung di industri.
2. **Tugas Akhir/Proyek Akhir** – Pengembangan penelitian atau proyek yang menunjukkan pemahaman komprehensif atas semua yang telah dipelajari.
3. **Etika Profesi dan Hukum Teknologi Informasi** – Belajar tentang tanggung jawab etika sebagai profesional di dunia teknologi informasi.
---
Ini adalah daftar umum yang bisa menjadi referensi. Kamu bisa memilih beberapa dari mata kuliah ini untuk dimasukkan ke dalam cerita, menyesuaikan dengan plot atau kebutuhan pengembangan karakter Rendy.
0 komentar:
Posting Komentar